1. Munggah
Munggah ini tradisi menyambut bulan puasa. Hal yang biasa dilakukan saat munggah itu berkunjung ke rumah saudara yang lebih tua, ke rumah kakek, atau uyut-uyut. Di budaya Sunda, biasanya munggah ini digunakan untuk berziarah ke makam saudara atau kerabat. SAYA juga mau berkunjung ke rumah saudara ah..

2. Dugderan
Tradisi “Dugderan” ini berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah. Nama “Dugderan” sendiri berasal dari kata “Dug” dan “Der”. Kata Dug diambil dari suara dari bedug masjid yang ditabuh berkali-kali sebagai tanda datangnya awal bulan Ramadan. Sedangkan kata “Der” sendiri berasal dari suara dentuman meriam yang disulutkan bersamaan dengan tabuhan bedug. Ayo-ayo kita main bedug sama meriam!


3. Dandangan
Kalau dandangan ini, ini adalah tradisi penyambutan Ramadan ala kota Kudus. Biasanya, sebelum masuk bulan Ramadan, di beberapa daerah muncul banyak pasar malem. Wah, asik nih sebelum puasa bisa belanja-belanja dulu.

4. Meugang
Meugang adalah tradisi asal Serambi Mekkah, Aceh. Nah, meugang ini adalah tradisi menyembelih hewan ternak sebelum datangnya bulan Ramadan. Biasanya, penyembelihan dilakukan dua hari sebelum datangnya bulan suci Ramadan. Sahabat-sahabat jangan sampe ada yang motong SAYA ya.


Kalau di daerah kamu, tradisi penyambutannya apa nih?